MPLS SMA Masehi Kudus

Uncategorized

“Menjadi Generasi Cerdas, Beretika dan Berkarakter”

Kudus, 11 Juli 2022

Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bertujuan agar calon siswa baru dapat mengenal lingkungan yang baru dari sekolah yang mereka tuju. Selain itu MPLS juga bertujuan agar peserta didik dapat mengenal program apa saja yang ada dalam sekolah tersebut dan dapat cepat beradaptasi dengan sekolah yang baru. Begitu juga dengan SMA Masehi Kudus yang tahun ini kembali melakukan kegiatan MPLS secara onsite setelah 2 tahun lamanya kami melakukan kegiatan MPLS secara daring/online dikarenakan meningkatnya kasus Covid-19.

Kegiatan MPLS di SMA Masehi Kudus tahun ini dimulai dari hari Senin 11 Juli 2022 sampai Jumat 15 Juli 2022. Namun sebelum memulai kegiatan tersebut, pada hari Jumat tanggal 8 Juli diadakan pemaparan dari panitia MPLS kepada calon peserta didik baru tentang apa saja yang perlu mereka persiapkan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Pembukaan MPLS di SMA Masehi Kudus dilaksanakan dalam Upacara Bendera pada hari Senin, 11 Juli 2022 yang dihadiri siswa kelas X, XI, XII, Guru, dan karyawan. Dalam upacara pembukaan tersebut Miss Vera selaku Kepala SMA Masehi Kudus memberikan pembinaan kepada seluruh siswa untuk bisa mengikuti kegiatan MPLS selama satu Minggu kedepan dengan baik dan tertib, dan juga memperkenalkan bapak ibu guru serta karyawan ke calon peserta didik baru SMA Masehi Kudus. Setelah itu kepala sekolah menyematkan tanda peserta MPLS kepada perwakilan 2 calon peserta didik baru dan diikuti oleh calon peserta didik baru yang lain.

Dalam 5 (lima) hari pelaksanaan MPLS di SMA Masehi Kudus yang diikuti tidak hanya calon peserta didik baru melainkan seluruh siswa kelas XI dan XII juga. Para siswa memperoleh materi tentang: Potensi dan Keunikan Diri, Visi dan Misi Yayasan dan sekolah, kurikulum di SMASHKU, PBB, tata krama dan etika dalam pertumbuhan karakter dan budi pekerti, bahaya narkoba, pemaparan OSIS dan pemaparan pramuka, wawasan kebangsaan, dan I know my self. Materi-materi tersebut diberikan selama 3 hari dari hari Senin sampai dengan hari Rabu. Dan untuk hari Kamis ada kegiatan penyambutan peserta didik baru oleh seluruh peserta didik dan bapak ibu guru serta karyawan dengan melakukan acara talent show. Di Hari terakhir MPLS yaitu hari Jumat seluruh siswa dan bapak ibu guru serta karyawan mengadakan kegiatan jalan sehat dan kebersihan lingkungan sekolah. Setelah menjalani MPLS selama 5 (lima) hari, diharapkan siswa baru lebih siap dan nyaman untuk mengikuti KBM mulai hari Senin, 18 Juli 2022.

Ika Tiara Rarasati, S.Pd